News

Standarisasi dalam Distribusi Logistik Dinilai Penting

 

 


Gatra.com

Oleh : Didi Kurniawan

Jakarta, Gatra.com - Distribusi logistik di Indonesia dinilai perlu standarisasi dalam pelaksanaannya. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Sugihardjo menyatakan, standarisasi tersebut terkait pentingnya penggunaan teknologi informasi.

“Tuntutan saat ini adalah penggunaan IT yang memudahkan dalam manajemen distribusi logistik. Hal itu dapat meningkatkan efisiensi mulai dari pengiriman dari titik awal sampai pada tujuan akhir,” ujar Sugihardjo di acara diskusi yang digelar Kementerian Perhubungan berjudul Standarisasi Distribusi Logistik Domestik, di Jakarta, Selasa (30/10).

Saat ini, lanjut dia, semua alur dan dokumentasi distribusi logistik masih konvensional. Padahal dengan IT dapat lebih memudahkan dan dapat mengetahui kemungkinan tantangan di perjalanan karena adanya IT yang diterapkan.

Sementara Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita mengatakan, sudah 20 tahun lebih, Indonesia tertinggal dari negara Asean terkait standarisasi distribusi logistik.

“Standarisasi sangat urgent karena kapasitas logistik meski tidak besar namun juga tidak kecil. Digitalisasi sudah harus segera direalisasikan,” tutur dia.

Asisten Deputi Logistik, Kementerian Koordinator Perekonomian Erwin Raza menambahkan setiap bisnis dengan proses digitalisasi, nantinya pasti akan banyak perubahan.

Semua pelaku di dalam industri harus bisa terintegrasi dan terkoneksi. 

Pergerakan arus barang ekspor, arus barang antarpulau, sampai sekarang belum ada data dari pulau ke pulau. Dengan adanya digitalisasi maka akan bisa diperoleh datanya,” jelas dia.

Another News :

Star Movers Bali   |   Prathama Global Trading   |   XPS Link

Copyright © 2015 PT. Prathama Line Logistics