News

Bisnis Gudang Menggeliat Berkat PLB

 

 

Bisnis.com

Oleh : Rivki Maulana

 

Bisnis.com, JAKARTA -- Kalangan pengusaha logistik menilai kebijakan pemerintah dalam pendirian pusat logistik berikat (PLB) menjadi faktor penting dalam pertumbuhan sektor pergudangan yang bersama sektor transportasi, tumbuh 8,39% di kuartal I/2018

 

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Zaldy Ilham Masita mengatakan kebijakan pusat logistik berikat atau PLB yang dirilis pada Maret 2016 lalu membuat sektor ini atraktif bagi investor.. "Ini menarik investasi besar di bisnis perguangan karena PLB akan menambah banyak kebutuhan gudang di Indonesia," ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (7/5/2018).

 

Pada April 2017 lalu, Ditjen Bea & Cukai telah merilis PLB Generasi II yang mana menambah 8 sektor PLB mulai dari industri besar, barang jadi, e-commerce, hingga bursa komoditas. Hingga tahun lalu, dari PLB Generasi I, sudah ada 76 PLB yang beroperasi yang dimiliki dan dikelola oleh 43 entitas perusahaan.

 

Ditjen Bea & Cukai sebelumnya melansir, nilai persediaan atau inventory yang ditimbun oleh PLB Generasi I mencapai US$2,6 miliar. Selain itu, ada juga persediaan yang dipindahkan dari PLB di Singapura tercatat US$660 juta. Efisiensi biaya sewa yang dihasilkan dari pengembangan PLB juga diklaim mencapai US$5,1 juta per tahun.

 

Di sisi lain, Zaldy menyebut geliat dagang-el juga turut meningkatkan permintaan ruang pergudangan. Dia menyebut, perusahaan dagang-el bahkan mulai membuka bisnis logistik sendiri karena keterbatasan kapasitas perusahaan logistik lokal.

 

Zaldi mengimbuhkan, pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan yang cukup pesat bakal terus berlanjut. Hal ini bakal didukung oleh tren alihdaya di sektor logistik dan segmen cold chain yang terus berkembang.

 

Sebelumnya, kalangan analis properti juga memperkirakan sektor dagang-el akan turut memacu permintaan gudang logistik. Laporan konsultan properti Savills menunjukkan, kebutuhan ruang gudang logistik bakal bertambah sekitar 240.000 m2 di 2021 mendatang. Pada 2017, perusahaan dagang-el baru memberikan kontribusi 3% terhadap total pasokan gudang logistik seluas 8,1 juta m2.

Another News :

Star Movers Bali   |   Prathama Global Trading   |   XPS Link

Copyright © 2015 PT. Prathama Line Logistics