News

Asosiasi Logistik: Perbaikan Infrastruktur Belum Mampu Turunkan Biaya Logistik

 

 

Liputan6.com

Oleh: Septian Deny

 

Liputan6.com, Jakarta Daya saing infrastruktur Indonesia periode 2016-2017 naik peringkat. Namun, gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah dinilai belum berdampak signifikan terhadap penurunan biaya logistik.

 

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Zaldy Ilham Masita.

 

Dia mengungkapkan, dalam dua tahun terakhir, pemerintah memang sangat gencar membangun infrastruktur di segala bidang, seperti pelabuhan, bandara, jalan, hingga tenaga listrik.

 

"Dua tahun terakhir memang pembangunan infrastruktur sangat banyak mengejar ketertinggalan Indonesia dibandingkan negara tetangga," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (19/2/2018).

 

Akan tetapi, penurunan biaya logistik yang diharapkan pengusaha belum sejalan dengan gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan.

 

"Perbaikan infrastruktur seharusnya menurunkan biaya logistik tetapi tidak terjadi di Indonesia, karena ada faktor-faktor lain yang meningkatkan biaya logistik sehingga perbaikan infrastruktur tidak dirasakan langsung dengan penurunan biaya logistik," kata dia.

 

Menurut Zaldy, hal ini karena tarif di pelabuhan dan bandara yang dikenakan kepada para pengusaha logistik justru terus mengalami kenaikan. Tarif tersebut antara lain terminal handling charges (THC), tarif pergudangan, dan lain-lain.

 

"Biaya-biaya yang membuat naik adalah tarif-tarif di pelabuhan dan bandara untuk angkutan barang naik terus oleh BUMN dan Kemenhub melalui PNBP, dan juga melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat," ungkap dia.

 

Oleh sebab itu, kata Zaldy, jika ingin agar pembangunan infrastruktur sejalan dengan penurunan biaya logistik, maka tarif-tarif tersebut juga diturunkan, bukan malah dinaikkan akibat infrastruktur yang sudah membaik.

 

"Pemerintah harus mencabut atau menurunkan tarif-tarif yang berdampak langsung terhadap logistik," tandas dia.

 

Another News :

Star Movers Bali   |   Prathama Global Trading   |   XPS Link

Copyright © 2015 PT. Prathama Line Logistics